Image
October 07, 2020

Nyeni Asik Bareng 18 Suku (UKM Seni Universitas Kadiri)

 

 

 

Nyeni asik bareng 18 Suku (UKM Seni Universitas Kadiri)

 

 

Universitas Kadiri adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang berada di kota Kediri. Selain mengembagkan potensi akademik peserta didik, Universitas Kadiri juga sangat mendukung berkembangnya  potensi non akademik peserta didiknya. Salah satu wadah untuk mengembangkan potensi non akademik mahasiswa-mahasiswa Universitas Kadiri adalah Organisasi 18 Suku.

18 Suku ??? Jadi apa itu 18 Suku ? yuk sini yang kepo baca sampai selesai ya !!

18 suku adalah nama dari salah satu Unit Kagiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Kadiri yang bergerak dibidang seni. “18” diambil dari tanggal bedirinya UKM ini yaitu 18 Maret, sedangkan “Suku” diartikan sebagai suatu kelompok dalam satu organisasi dengan berbeda-beda devisi yang berkumpul dalam 1 wadah yaitu UKM Seni. Jadi 18 Suku ialah UKM seni yang berdiri pada tanggal 18 Maret dengan beragam devisi didalamnya. Organisasi ini berlandaskan kebersamaan dan kekeluargaan dan dapat bertahan membentuk ruang aksi yang mandiri. dimana kita berkarya, mengekspresikan, bertukar pengalaman, dan belajar dalam bidang seni. Cocok sekali untuk kalian yang sangat ingin belajar, dan mengembangkan diri kalian di dunia seni, pastiya akan lebih mewarnai hidup kalian dan menjadikan waktu kalian lebih bermanfaat.

18 Suku terdiri dari 4 devisi, yaitu musik, modern dance, tari tradisional, dan teater , kita kupas satu-satu ya...

    a.              Musik

Dilansir Encyclopedia Britannica (2015) musik merupakan seni yang memadukan suara vokal atau instrumental untuk keindahan bentuk atau ekspresi emosional. Menurut 18 Suku musik adalah bahasa yang universal, yang mampus menembus setiap manusia yang mendengarkannya. Banyak kegiatan yang telah berjalan di devisi musik 18 Suku, seperti diundang pada hampir setap kegiatan kemahasiswaan, bahkan manggung di kafe-kafe ternama di kota kediri  ataupun di luar kota kediri. Berasa artis banget nih anak-anak musik

 

    b.              Modern Dance

Modern dance adalah sebuah gerakan tari modern yang mengeskpresikan gerak tubuh yang energik, kreatif atau tidak terstruktur, dan diiringi musik yang tidak terikat suatu aturan. Jadi lebih bebas dalam menuntukan gerakan/koreografinya, tema, musik, serta konsep. Iyaa.. ini adalah salah satu devisi yang selalu dinantikan para kaum adam dalam setiap penampilannya. Bagaimana tidak, anak-anak devisi dance hampir seluruhnya adalah perempuan-perempuan energik, ceria, dan cantik-cantik pastinya, jadi tidak heran apabila menimbulkan euforia yang heboh oleh para penonton. Bangga banget  dong pastinya !!

 

 

    c.              Tari Tradisional

Tari adalah bentuk ekspresi jiwa manusia yang dituangkan dalam bentuk gerak, ekspresi, yang indah ritmis. Tari tradisional merupakan dari yang berasal sari masyarakat suatu daerah yang sudah turun-temurun dan telah menjadi budaya masyarakar setempat. Dalam devisi ini banyak dihuni para perempuan juga nih, yang berbalut ayu dan anggun dengan kostum-kostum panggungnya dengan aksen tradisional banget. Jadi para srikandi-srikandi tari tradisioanl ini kan terkesan anggun terlepas dari kostum yang ia kenakan. Seringkali devisi tati tradisional ini diundang dalam acara formal seperti wisuda, yudisium, kelas tamu, seminar dll juga acara-acara nonformal juga. Keren bangettttt !!!

 

 

    d.              Teater

Selanjutnya ada teater, seni teater adalah sefala adaegan peran yang dipertunjukan di depan orang bnnyak. Genre yang diambil oleh 18 Suku adalah parodi/ komedi operet. Jenis theater ini merupakan satu-satunya di kediri. Untuk kamu yang tertantang berlakon, merasa lucu cocok banget gabung disini. Kumpulan orang-orang kreatif dan lucu  nih. Seru banget pastinya..